Cara Daftar dan Masuk Sekolah Kedinasan

Zae.web.id - Sekolah kedinasan tentunya menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru sebagai sekolah tinggi favorit dan terbaik yang banyak diminati oleh setiap orang.

Sekolah kedinasan merupakan sekolah tinggi negeri yang dikelola sebagai penyelenggara pendidikan oleh instansi pemerintah dengan program ikatan dinasnya, sehingga setelah lulus bisa langsung bekerja di Kementerian atau lembaga yang menaunginya. Kebanyakan orang yang akan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi (kuliah) pilihan yang diketahui hanya Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta.

Eiittsss... Bukan hanya itu saja, tetapi ada juga Sekolah Ikatan Dinas (Sekolah Kedinasan). 

Cara Daftar dan Masuk Sekolah Kedinasan

Bagaimana Cara Daftar Sekolah Kedinasan? 

Seperti pada umumnya teman-teman yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi, harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Begitupun untuk masuk Sekolah Kedinasan harus mengikuti seleksi tes masuk. Dalam proses pendaftaran sekolah kedinasan, alur pendaftaran merupakan bagian yang sangat penting untuk diketahui. dengan mengetahui alur pendaftaran akan membuat calon peserta menjadi lebih mudah dan lancar sesuai prosedur yang ditentukan.

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas berlangsung secara online. Pendaftaran Sekolah Kedinasan dilakukan melalui satu portal, dengan mengakses Portal Sekolah Kedinasan pada laman https://dikdin.bkn.go.id. Dalam pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas ini berlaku kebijakan satu pendaftar hanya bisa untuk melamar satu sekolah kedinasan saja

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 

  • mengakses portal Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id
  • buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun
  • login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan
  • pendaftaran dengan mengunggah Swafoto, pilih Sekolah, lengkapi nilai, upload berkas, dan lengkapi biodata
  • cek resume dan cetak kartu pendaftaran
  • verifikator instansi memverifikasi data dan berkas pelamar
  • cek status kelulusan (login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi)
  • bagi pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan
  • cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem
  • pelamar mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi
  • pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASNSSCASN

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Jadwal Penerimaan Calon Taruna / Taruni Sekolah Kedinasan Tahun 2022

  • pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan mulai tanggal 1 - 8 April 2022
  • pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 9 - 30 April 2022
  • pelaksanaan ujian SKD ( Seleksi Kompetensi Dasar ) dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2022 (bersifat Tentative)
  • pelaksanaan seleksi lanjutan, diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan
Nah jadi itulah Informasi tentang Cara Daftar Sekolah kedinasan, jangan sampai kalian salah dalam melakukan Pendaftaran Sekolah Kedinasan.

Persiapkan berkas anda sekarang juga...Semangat Belajar dan Selamat Berjuang !!!